Senin, 19 Februari 2018

Syumuliyatul Islam

Islam itu menyangkup segala zaman, artinya islam cocok diterapkan sejak diturunkan hingga akhir zaman. Islam itu cocok untuk semua tempat, bisa diterapkan di semua negara. Islam cocok untuk semua bangsa dan suku. Dan Islam itu menyangkup setiap sendi kehidupan kita, mulai bangun tidur hingga tidur lagi, perkara makan dan minum hingga ke toilet, perkara keluarga hingga tata negara, semua telah terangkum dalam Islam.

Contoh sederhananya yakni hukum waris. Di Al Qur'an hanya diterangkan di 3 ayat saja. Dengan dibantu penjelasan hadits sudah cocok diterapkan sejak turunnya Islam hingga akhir zaman. Salah satunya penerapan prinsip warisan bagi laki-laki memiliki bagian 2 kali untuk perempuan. Ada sebuah kasus bayi tertukar di suatu negara, kedua orang tua 'keukeh' anaknya laki-laki, lalu dites kandungan susu ibunya, yang kandungan gizinya 2 kali lebih banyak maka anaknya laki-laki, so problem solved.

Saat daulah Islam runtuh yang hilang daripada masyarakat Islam bukanlah perkara akidah, karena masyarakat masih melaksanakan shalat, zakat, puasa, haji, dan beribadah kepada Allah. Yang hilang daripada umat adalah pemahaman terhadap pentingnya kepemimpinan dalam Islam. Umat Islam telah tercekoki paham sekulerisme, yang memisahkan agama dari politik, padahal Islam itu syumul. Masyarakat Islam sudah tidak peduli saat jilbab dilarang, saat ulama dikriminalisasi, saat pemimpin tak adil, dan segala permasalahan kepemimpinan lainnya.

Itulah kenapa umat Islam wajib disadarkan, para da'i wajib berdakwah untuk mengajak masyarakat memahami pentingnya kepemimpinan dalam Islam. Dengan kepemimpinan maka impian Islam sebagai rahmatan lil 'alamin akan terwujud. Dengan kepemimpinan kita mampu menerapkan tauladan dari Rasulullah dan para sahabat yang senantiasa amanah dan adil sebagai pemimpin. Rasulullah mencontohkan pemimpin adalah seseorang yang pahan perkara agama, takut sekali jika tidak melaksanakan amanah kepemimpinan dengan sebaik-baiknya karena akan dipertanggung jawabkan kelak di yaumul hisab. Sungguh besar sekali kebaikan dalam kepemimpinan Islam, dan umat muslim wajib untuk memperjuangkannya.

Note: Ini adalah catatan dalam sebuah kajian, semoga dapat diambil manfaatnya

#Onedayonepost #ODOPbatch5


2 komentar: