Minggu, 11 Februari 2018

Game 12 - Keluarga Multimedia (Hari 6)

Review Aplikasi Panduan Perkembangan Bayi Balita

Kelas: Bunda Sayang
Materi: Keluarga Multimedia
Durasi: 3 Februari 2018 - 19 Februari 2018




Saya menikah dengan Pak Anom pada tahun 2011, sekitar 1 bulan setelah pernikahan alhamdulillah Allah mengamanahkan seorang jabang bayi dalam perut saya.  Hafidza lahir di pertengahan tahun 2012 dalam kondisi yang sehat tanpa kurang suatu apapun, syukur kami tiada terkira. Setelah Fidza berusia 2 tahun kami mulai berikhtiar program hamil untuk mendapatkan anak kedua. Namun Allah baru mengamanahkan kepada kami hamil kedua setelah Hafidza berusia 5 tahun 6 bulan. Walau demikian kami tak lupa bersyukur atas kehadiran putri kedua kami. Hanna lahir pada akhir tahun 2017 yang lalu dalam kondisi sehat wal 'afiat, sekarang usianya menginjak 3 bulan. 




Jarak kehamilan yang jauh membuat saya harus banyak belajar lagi tentang pengasuhan bayi baru lahir dan tahap perkembangannya. Tak jarang saya bertanya kepada teman saya ataupun googling di internet jika bingung terhadap suatu hal yang berkaitan dengan tumbuh kembang bayi. Saat Hanna poop lumayan sering, saya curhat di grup ibu-ibu alumni ITS, dan ketika diinfokan bahwa hal itu masih normal sayapun lega. Baru-baru ini Hanna malah tidak poop sama sekali, abinya yang khawatir. Saya katakan bahwa hal itu masih normal, menandakan bahwa ASI yang diminumnya terserap sempurna. Untuk lebih meyakinkan dia pun mencari info di google, dan ternyata memang benar bahwa di usia Hanna hal tersebut termasuk normal. Banyak hal lain yang membuat saya galau dan bertanya-tanya, misal saat usia 2 bulan Hanna sempat sakit batuk pilek, saat Hanna terkena ruam, saat Hanna susah ditidurkan di malam hari, dan banyak lagi seputar tetek bengek yang berkaitan dengan bayi mungil ini.




Untuk membantu saya memantau tumbuh kembang bayi Hanna, sayapun mencoba mencari aplikasi di play store yang bisa saya jadikan panduan dalam membersamai ananda. Lalu saya menemukan sebuah aplikasi yang bernama Panduan Pertumbuhan Bayi Balita, saya langsung meng-install aplikasi tersebut. Dalam aplikasi ini dijelaskan perkembangan apa saja yang idealnya telah dicapai oleh ananda sesuai tahapan umurnya. Jika kita memahami tahapan perkembangan bayi dan balita, harapannya kita akan bisa semakin tenang dan rileks dalam membersamai ananda. Kita juga bisa memberikan stimulus yang tepat sesuai dengan tahap perkembangannya.


#Tantangan10Hari #Level12 #KuliahBunsayIIP #KeluargaMultimedia

#Onedayonepost #ODOPbatch5

2 komentar:

  1. wah sangat berguna buat emak-emak digital..hehe

    BalasHapus
  2. iya mbak, adanya teknologi memang harus kita manfaatkan sebaik-baiknya, bukan demikian? :)

    BalasHapus