Minggu, 25 Februari 2018

Menuju Kopdar Akbar ODOP


Berinteraksi selama sebulan lebih dalam forum chat grup whatsapp komunitas One Day One Post (ODOP) menjadikan ada rasa penasaran bagaimana wajah si A juga si B. Oleh karenanya ketika dikabarkan akan ada kopi darat (kopdar) akbar keinginanku untuk ikut begitu besar. Adalah sebuah adab dalam menuntut ilmu, salah satunya mendatangi sumber ilmu tersebut. Di komunitas ODOP banyak sekali ilmu kepenulisan yang kudapatkan dengan cuma-cuma. Ilmu dari para master yang rata-rata merupakan para anggota ODOP batch 1 hingga batch 4 yang insyaallah juga akan hadir dalam kopdar akbar. Aku sebagai seorang newbie tentunya ingin bertemu secara langsung dengan para master ini dan mengucapkan terima kasih kepada mereka. Harapanku suatu saat nanti bisa berprestasi dan menerbitkan karya tulis sebagaimana senior-senior di ODOP.

Kopdar akbar akan diadakan pada tanggal 3-4 maret 2018 di Jogja. Awalnya aku ragu suami akan mengijinkan untuk ikut karena jarak Surabaya ke Jogja bukanlah jarak yang dekat. Tapi pada suatu hari suamiku pamit akan tugas keluar kota selama beberapa hari. Seperti biasa aku menunjukkan mimik kurang ikhlas. Lantas suami berkata, "umi mau ke Jogja ta? Yaudah bikin rencana kita mau kemana aja selama di sana," seketika akupun menjadi ceria, haha. Namun cerita tidak berhenti sampai di sana. Token mandiri yang biasanya kubawa rusak, menjadikanku kesulitan bertransaksi online. Alhasil rencana untuk booking tiket kereta selalu tertunda. Hingga beberapa hari yang lalu suami mengirim pdf undangan workshop yang dilaksanakan tanggal 1-2 di Batu, Malang. Dia berkata, "umi kita ke Batu aja, hari kamis sampai senin dipuas-puasin disana." Aku mengernyitkan dahi, "lho, umi kan mau kopdar di Jogja." Sempat terjadi diskusi yang alot antara kami, hingga akhirnya suami pun mengalah. Dia akan ke batu hingga jum'at dan sabtu pagi baru kami berangkat ke jogja. Akupun segera booking tiket kereta khawatir suamiku berubah pikiran lagi.

Di Jogja kami berencana menginap di rumah saudara yang tinggal disana. Akupun mengirim chat kepada saudara kami menanyakan kesanggupannya jika kami menginap selama di Jogja. Setelah beberapa saat saudara kami menyampaikan bahwa mereka sekeluarga sudah berencana akan pulang kampung dan tidak bisa ditunda. Akhirnya kami pun mencari penginapan yang nyaman namun tidak terlalu mahal. Di aplikasi Traveloka kami mengevaluasi beberapa pilihan hingga kami memutuskan akan menginap di The Cube hotel. Alhamdulillah akhirnya segala persiapan akomodasi untuk kopdar akbar di Jogja telah siap. Kami tinggal menunggu hari h dan packing apa saja yang perlu dibawa. Aku tak sabar menantikan momen tersebut. Momen bertemu dengan kawan-kawan sesama peserta, para pj, dan para master ODOP yang telah mengisi hari-hariku selama beberapa pekan ini. Semoga dengan kehadiranku di kopdar akan memberi dampak positif berupa lecutan semangat untuk semakin baik dalam menghasilkan karya-karya tulis. Dan pada akhirnya semoga suatu saat nanti impianku akan terwujud, yakni menjadi seorang penulis profesional, insyaallah.

#Onedayonepost #ODOPbatch5

2 komentar: