Jumat, 09 Februari 2018

Game 12 - Keluarga Multimedia (Hari 4)

Review Aplikasi Kurangi Berat Dalam 30 Hari

Kelas: Bunda Sayang
Materi: Keluarga Multimedia
Durasi: 3 Februari 2018 - 19 Februari 2018



'Sure you can do, the healthy diet'
Anda pasti tidak asing dengan kalimat ini, yap, itu adalah kalimat branding yang menyertai iklan produk minuman pelangsing WRP. Tapi hari  ini saya tidak sedang membahas produk tersebut, melainkan sebuah aplikasi yang saya gunakan untuk program diet saya. Saat hamil anak kedua berat badan saya naik 20 kg, dari 63 kg menjadi 83 kg. Sesaat setelah melahirkan berat badan saya hanya turun 6 kg sehingga masih ada 14 kg berat badan yang 'nyantol'. Saya pun berpikir bagaimana cara diet yang relatif aman dan tidak memakan waktu lama, maka jawabannya ya mengatur pola makan dan olah raga. Masalahnya saya adalah ibu rumah tangga yang jarang keluar rumah apalagi sejak ada bayi saya harus selalu stand by di sampingnya. Akhirnya saya iseng-iseng membuka aplikasi play store dan menemukan sebuah aplikasi diet, saya pun segera menginstallnya.



Dalam aplikasi ini terdapat beberapa program yang kita butuhkan untuk diet. Program pertama yakni program workout atau olah raga yang bisa kita lakukan di mana saja dan kapan saja. Dalam program ini sudah ada panduan gerakan apa saja yang harus kita lakukan berikut contoh gerakan dan suara pemandunya. Dalam sehari workout yang dilakukan tidak membutuhkan waktu lama, cukup sekitar 15 menit dan gerakannya bertahap tingkat kelelahannya. Setelah workout selesai kita diminta mengisi berat badan dan tinggi badan lantas dihitung apakah kita tergolong kegemukan atau sudah ideal. History berat badan kita akan disimpan dan ditampilkan grafiknya sehingga kita tahu kemajuan program diet kita.



Program kedua adalah daftar menu makanan dalam sehari mulai dari sarapan, kudapan menjelang siang, makan siang, dan makan malam. Kalau saya nilai menu makanan diet dalam aplikasi ini sangatlah ketat. Sementara saya sebagai seorang ibu menyusui sangat memerlukan nutrisi yang cukup kuantitas maupun kualitasnya untuk kebutuhan ibu dan bayi. Oleh karena itu saya belum bisa mengikuti pedoman menu makan harian yang disediakan dalam aplikasi ini. Saya masih harus banyak makan makanan yang sehat demi pertumbuhan dan kesehatan bayi saya.




Program ketiga adalah daftar belanja mingguan untuk mendukung menu makan harian yang sudah kita bahas sebelumnya. Namanya ibu-ibu rata-rata suka belanja. Dan jika sudah di supermarket kita sering 'lapar mata' membeli hal-hal yang sebenarnya tidak terlalu urgent. Nah dengan adanya panduan belanja ini, ibu-ibu bisa sedikit terkontrol belanjanya, apalagi bisa untuk seminggu.




Ketiga program di atas jika dijalankan dengan disiplin insyaallah akan membuahkan hasil seperti yang diharapkan. Saya mengalami penurunan berat berat pasca nifas sekitar 3 kg, setelah itu baru menerapkan diet menggunakan aplikasi ini. Sejak saya mulai menggunakan aplikasi hingga sekarang sekitar 20 hari latihan, saya mengalami penurunan kurang lebih 2 kg. Angka yang lumayan bagi saya, dan saya yakin bisa mengembalikan berat badan ideal asal bisa disiplin dan konsisten. Jadi tunggu apa lagi? Mari kita mulai hidup sehat dari sekarang :).

#Tantangan10Hari #Level12 #KuliahBunsayIIP #KeluargaMultimedia
#Onedayonepost #ODOPbatch5

2 komentar:

  1. Wiiiihh langsung ngiler aku ono sing ngomongne diet ik. Ket wingi wis menanti nanti mana review program dietnya. Coba aahhh

    BalasHapus
  2. Yuuk qta diet bareng..ntar kalo berhasil share dimari yaa..hihihi

    BalasHapus