Senin, 19 Februari 2018

Game 12 - Keluarga Multimedia (Hari 10)

Review Aplikasi Kalender Menstruasi
Kelas: Bunda Sayang
Materi: Keluarga Multimedia
Durasi: 3 Februari 2018 - 19 Februari 2018


Saya melahirkan anak kedua dengan metode caesar. Saat operasi sebenarnya saya ditawari untuk sekalian pasang KB spiral, namun saya dan suami menolaknya. Sejak setelah melahirkan anak pertama kami sudah memutuskan untuk memakai KB alami sebagai ikhtiar mengatur jarak kehamilan. Pengalaman anak pertama alhamdulillah KB alami yang kami ikhtiarkan berhasil. Oleh karenanya kami ingin mengatur jarak anak kedua dan setelahnya menggunakan KB alami juga. Alasannya karena KB alami minim resiko dan efek samping. Dibandingkan dengan KB hormonal yang memiliki efek samping kurang baik untuk keseimbangan hormon dalam tubuh. Atau juga KB non-hormonal semisal spiral, berefek pada rasa sakit saat pemasangan dan melepasnya. Lagipula KB hormonal maupun non hormonal tetap memiliki peluang hamil, ini sudah ada beberapa fakta yang saya ketahui di sekitar saya.



Dengan semakin majunya teknologi, alhamdulillah sekarang telah hadir aplikasi yang membantu kita menghitung masa subur. Tentu saja aplikasi ini sangat berguna bagi pasangan suami-istri yang juga berikhtiar mengatur jarak kehamilan menggunakan metode KB alami sebagaimana saya dan suami. Apalagi tipe orang macam saya yang malas mencatat dan mudah lupa kapan hari mulai dan terakhir haid setiap bulannya. Menggunakan aplikasi ini saya tinggal menandai tanggal mulai dan berakhirnya haid saya maka akan muncul hari apa saja saya masih dalam masa subur.


Oleh bidan dan dokter pasca operasi caesar saya selalu diingatkan bahwa jarak kehamilan anak kedua dengan yang selanjutnya minimal harus 2 tahun. Hal ini dikarenakan berbagai resiko yang bisa dihadapi ibu dan bayi jika jarak kehamilan terlalu dekat pasca operasi caesar. Manusia tugasnya berikhtiar dengan maksimal, namun tetap Allah yang menentukan segalanya. Jika qodarullah saya dikarunia kehamilan sebelum jaraknya 2 tahun, saya tetap akan bersyukur karena di lapangan banyak yang meskipun jarak kehamilannya pasca operasi caesar kurang dari 2 tahun alhamdulillah ibu dan bayi selamat. Saya bukan menisbikan peringatan dari tenaga kesehatan, bagaimanapun juga kehamilan dan melahirkan sudah sunnatullahnya merupakan jihad bagi wanita dan nyawalah taruhannya. Jadi saya yakin takdir Allah merupakan yang terbaik, berada di atas segalanya, dan Allah tidak akan membebani hambaNya melebihi kemampuannya.


#Tantangan10Hari #Level12 #KuliahBunsayIIP #KeluargaMultimedia

#Onedayonepost #ODOPbatch5

2 komentar: