Rabu, 14 Februari 2018

Game 12 - Keluarga Multimedia (Hari 8)

Review Aplikasi Youtube

Kelas: Bunda Sayang
Materi: Keluarga Multimedia
Durasi: 3 Februari 2018 - 19 Februari 2018


Ini dia aplikasi yang lagi happening banget di kalangan masyarakat baik tua maupun muda. Sebuah aplikasi yang memfasilitasi para youtuber di seluruh dunia untuk meng-upload videonya dengan tema apa saja. Anak saya sangat gemar dengan aplikasi satu ini, saking sukanya sampai-sampai seharian dia bisa betah nonton youtube jika tidak dibatasi. Saya paham bahwa video-video yang terdapat di youtube tidak semuanya aman dilihat oleh anak-anak, karenanya saya mebuat setelan mode terbatas sehingga ada 'saringan' agar yang ditonton anak saya cukup aman. Cara menyetel mode terbatas adalah, masuk ke setelan > umum > on kan mode terbatas. Walaupun demikian di mode terbatas belum menjamin 100% konten yang dilihat anak kita aman, jadi kita sebagai orang tua tetap harus sering mendampingi dan memberikan peraturan yang tegas ketika anak-anak berselancar menggunakan aplikasi youtube ini.


Saya sendiri jarang menggunakan youtube, dikarenakan lebih sering menggunakan aplikasi sosial media yang lain. Sesekali saja saya gunakan youtube untuk streaming al matsurat atau jika memang ingin sedikit refreshing menonton video drama korea juga mendengar lagu yang saya sukai. Anak saya menyukai saluran berbahasa Inggris mulai dari review produk-produk mainan terbaru, film dokumenter yang dibuat keluarga dari Amerika semacam FGTeeV, Peppa Pig,  DIY toys, My Little Pony dan lain-lain. Seringnya anak saya menonton tayangan berbahasa Inggris menjadikannya sedikit demi sedikit menguasai bahasa Inggris. Saya menganggap inilah poin positif dari youtube, walau demikian ada juga sisi negatifnya. Karena kosa kata yang dipahami anak saya kebanyakan berbahasa Inggris, kosa kata bahasa Indonesia malah kurang dan menjadikannya kesulitan berkomunikasi dengan temannya. Hal ini membuat anak saya malas bersekolah, oleh karena itu saya mulai membiasakannya menonton video berbahasa Indonesia atau melayu layaknya Upin Ipin, Diva, video dari youtuber Indonesia, dan lain-lain.


Memang setiap teknologi memiliki sisi baik dan sisi negatif, sebagai orang tua kita harus pandai-pandai memanfaatkannya, jangan sampai teknologi itu malah menjadi boomerang bagi kita, naudzubillah. Kita juga harus membatasi waktu yang digunakan anak kita menggunakan gadget, misalnya maksimal 2 sampai 3 jam per hari. Diluar itu kita sibukkan anak-anak dengan permainan yang mengasah kreativitas mereka dan membaca buku untuk menambah pengetahuan serta melatih fokusnya. Permainan diluar yang melatih motorik kasar anak-anak juga tidak kalah penting agar tubuh mereka makin sehat dan kuat. Dan tentunya ibadah serta tauhid perlu ditanamkan sejak dini agar mereka menjadi generasi yang unggul emosional, spiritual, dan intelektualnya.


#Tantangan10Hari #Level12 #KuliahBunsayIIP #KeluargaMultimedia

#Onedayonepost #ODOPbatch5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar