Sabtu, 10 Februari 2018

Game 12 - Keluarga Multimedia (Hari 5)

Review Aplikasi Al Qur'an Bahasa Indonesia

Kelas: Bunda Sayang
Materi: Keluarga Multimedia
Durasi: 3 Februari 2018 - 19 Februari 2018



Sejak saya bergabung dengan One Day One Juz (ODOJ) saya berusaha untuk bisa mengkhatamkan sehari satu juz baik itu dengan tilawah (membaca), tasmi'(menyimak/mendengarkan), maupun tarjim (membaca terjemah) Al Qur'an. Besar harapan saya untuk bisa semakin akrab dan mencintai kalamullah, karena tentu saja dengan semakin dekatnya kita kepada petunjuk dari Allah ini akan membuat hidup kita semakin barokah. Saya memang bukan jebolan pondok, namun sejak mendapatkan hidayah dan mulai berhijrah saat SMA saya berusaha semakin mengkaji Islam dan melakukan amalan harian berupa ibadah wajib dan sunah agar semakin dekat dengan Allah SWT. Memang ada kalanya iman kita berada di titik puncak, namun tak jarang juga iman kita sedang turun, itulah pentingnya komunitas semacam ODOJ untuk senantiasa mengingatkan kita dalam ibadah khususnya membaca, mendengarkan, atau membaca terjemah Al Qur'an.




Untuk memudahkan saya membaca, mendengarkan, atau membaca terjemah Al Qur'an sayapun meng-install aplikasi Al Qur'an bahasa Indonesia di handphone. Sudah menjadi kebiasaan bahwa saya selalu membawa handphone kemanapun saya pergi. Oleh karena itu dengan adanya aplikasi Al Qur'an ini saya bisa membaca Al Qur'an dan terjemahannya di manapun dan kapanpun. Untuk mendengarkan murottal Al Qur'an bisa juga dengan mendownload menggunakan aplikasi ini, namun saya lebih memilih menggunakan MP3 yang telah tersimpan di penyimpanan handphone saya. 




Di aplikasi ini terdapat beberapa menu, yakni Al Quran per surat dan per juz, ada juga menu bookmarks untuk menandai ayat, penilaian, lanjutkan membaca dan menemukan ayat-ayat. Saya suka menggunakan Al Qur'an per surat, dan untuk mengecek mulai dan sampai mana per juz-nya baru saya mengecek di menu Ajiza'. Sejatinya paling afdhol tetap membaca Al Qur'an dari mushaf-nya, apalagi jika kita menghafal dianjurkan untuk menggunakan satu mushaf Al Qur'an saja selama kita menghafal. Jadi aplikasi ini sifatnya sebagai bantuan saja, sebaiknya kita tetap berakrab-akrab dengan mushaf Al Qur'an agar memori kita men-scan bacaan Al Qur'an di setiap halaman mushaf sehingga memudahkan kita dalam menghafalkannya.


#Tantangan10Hari #Level12 #KuliahBunsayIIP #KeluargaMultimedia
#Onedayonepost #ODOPbatch5

4 komentar: