Rabu, 07 Februari 2018

Game 12 - Keluarga Multimedia (Hari 2)

Review Aplikasi Web Blogger

Kelas: Bunda Sayang
Materi: Keluarga Multimedia
Durasi: 3 Februari 2018 - 19 Februari 2018


Kurang lebih 2 bulan lalu saya sedang membaca timeline Facebook saya. Waktu itu ada yang men-share informasi pendaftaran One Day One Post (ODOP) Batch 5, sebuah komunitas para penulis yang mengajak untuk konsisten membuat tulisan setiap hari. Sayapun mencoba mendaftar mengikuti petunjuk langkah-langkah pendaftaran. Setelah beberapa waktu kemudian peserta yang berhasil lolos diumumkan di aplikasi Instagram dan alhamdulillah saya termasuk di dalamnya. Sudah lama saya ingin menjadi penulis, tapi karena kesibukan sebagai pelajar, mahasiswa,hingga menjadi ibu rumah tangga membuat saya belum juga menekuni salah satu minat saya ini. Begitu mengikuti komunitas ODOP ini saya seakan menemukan sesuatu yang saya cari selama ini. Kami diberi penugasan menulis satu postingan setiap hari, blog walking, serta mengikuti bedah tulisan dan materi yang dijadwalkan secara bergantian. Harapan saya dengan konsisten menjalankan penugasan dan terus belajar akan menjadi jalan bagi saya untuk mewujudkan impian menjadi seorang penulis.

Salah satu materi ketika Pra ODOP adalah materi tentang blog, kami diwajibkan menulis di blog bukannya di sosial media. Ada beberapa alasan kenapa kami diminta menulis di blog, pertama karena tulisan-tulisan di blog lebih mudah dicari lagi saat kita membutuhkan, sedangkan di sosial media tulisan kita akan tertutup dengan status-status. Yang kedua kami dianjurkan untuk memilih blogspot atau wordpress, dan dari keduanya blogspot lebih mudah digunakan dan performanya tidak kalah dibandingkan dengan blog-blog berbayar. Maka saya mulai membuka kembali akun blogspot saya, saya sampai lupa kapan terakhir saya membuat tulisan di blog ini. Setelah berhasil login dan masuk ke akun yang bahkan saya lupa nama dan keyword nya, saya baru tahu bahwa blog itu saya buat 7 tahun yang lalu, haha.

Jika kawan-kawan ingin membuat akun blog di blogspot juga, caranya sangat mudah. Pertama buka alamat blogger.com, maka akan muncul tampilan seperti ini:


Di tampilan awal klik tombol create your blog, lalu kita diminta login ke akun google kita, setelah kita login akan muncul tampilan buat blog baru seperti ini:


Setelah mengisi nama blog kita dan memilih template, klik tombol buat blog! Setelah itu blog kita siap kita gunakan. Untuk membuat postingan baru, mengatur template dan berbagai macam pengaturan blog yang kita perlukan, terdapat halaman menu yang akan memudahkan kita seperti tampilan berikut ini:


Nah mudah bukan cara membuat dan menggunakan blog? Sekarang kita siap menuliskan segala uneg-uneg kita dan berlatih menjadi penulis. Welcome dunia literasi!

#Tantangan10Hari #Level12 #KuliahBunsayIIP #KeluargaMultimedia
#Onedayonepost #ODOPbatch5

3 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Wah IIP juga toh mbakyu? IIP Lamongan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. IIP Surabaya Raya mbak😅 lha sampeyan IIP Lamongan?

      Hapus