Minggu, 18 Februari 2018

Game 12 - Keluarga Multimedia (Hari 9)

Review Aplikasi Scrapbook Collage

Kelas: Bunda Sayang
Materi: Keluarga Multimedia
Durasi: 3 Februari 2018 - 19 Februari 2018



Saya memiliki hobi membuat craft, khususnya scrapframe dan decoupage. Di IIP saya banyak belajar, salah satunya adalah apabila kita bisa menjadikan hobi sebagai sumber pemasukan kita akan enjoy menjalankan pekerjaan yang sekaligus adalah hobi kita tersebut. Oleh karena itu saya menerima pesanan scrapframe untuk mahar atau kado, serta sesekali mengadakan pelatihan decoupage. Saya senang menjalani pekerjaan ini karena bisa saya kerjakan di rumah, hanya sesekali saya keluar untuk membeli bahan, jika sudah jadi saya kirim melalui kurir.





Merk dagang saya adalah smart_scrapbook, jika ingin mengetahui produk karya-karya saya bisa membuka instagram dengan nama smart_scrapbook seperti merk dagang saya. Saya melakukan promosi via facebook dan instagram, sesekali saya juga memasang iklan di marketplace seperti OLX, Kaskus, Berniaga (dulu sebelum diakuisisi oleh OLX), dan marketplace yang lain. Ketika ada pesanan, maka saya akan berkomunikasi dengan customer untuk mengetahui detail pesanan yang diiginkan. Setelah jelas detail yang diminta, maka saya akan membeli bahan-bahan yang diperlukan. Jika bahan-bahan telah terkumpul, maka saya akan mengerjakannya. Senang rasanya menjalani proses mulai dari mengumpulkan bahan hingga berkreasi merangkai scrapframe yang dipesan oleh berbagai customer dengan berbagai permintaannya. Dalam proses tersebut saya dituntut untuk kreatif dan inovatif sehingga semakin lama skill saya pun semakin terasah.



Sejak hamil anak kedua saya mulai mengurangi intensitas menerima pesanan. Hal ini dikarenakan terbatasnya mobilitas saya. Padahal jika ada pesanan saya perlu mengumpulkan bahan-bahan dan berkeliling kesana-kemari. Dan memang mindset sangat mempengaruhi intensitas orderan saya. Ketika saya membuat mindset bahwa saya butuh dan bisa mengerjakan banyak pesanan, maka yang saya harapkan satu per satu berdatangan. Namun sebaliknya jika midset saya telah tersetel bahwa saya sedang tidak mampu mengerjakan banyak pesanan, maka pesanan pun menurun drastis. Ini benar-benar saya rasakan, oleh karenanya memang jika kita memutuskan menekuni dunia bisnis kita diajarkan untuk selalu positive thinking sebab mindset sangat berpengaruh pada kuantitas orderan.



Lama tidak mengerjakan handycraft membuat saya kangen, lantas saya iseng membuka playstore dan menemukan aplikasi scrapbook college. Kebetulan saat itu ada tugas membuat presentasi di wa grup IIP, dan saya diminta membuatkan presentasi oleh kelompok saya. Dengan bantuan aplikasi scrapbook college ini, saya bisa membuat presentasi yang menarik dan lucu-lucu. Saya juga bisa mengobati rasa kangen saya untuk berkreasi membuat scrapbook walau berbentuk softcopy.


#Tantangan10Hari #Level12 #KuliahBunsayIIP #KeluargaMultimedia

#Onedayonepost #ODOPbatch5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar