Senin, 12 Februari 2018

Game 12 - Keluarga Multimedia (Hari 7)

Review Aplikasi Mesin Pencari Sunnah (MPS)

Kelas: Bunda Sayang
Materi: Keluarga Multimedia
Durasi: 3 Februari 2018 - 19 Februari 2018



Semalam tantangan pekan ke empat ODOP diumumkan, dan tantangannya ialah membuat tulisan komedi. Saya langsung garuk-garuk kepala, soalnya saya orang yang selera humornya kurang alias nggak humoris. Tapi tentunya saya tidak mau menyerah sebelum mencoba. Saya pun terpikir status-status bang Arham Rasyid atau sering juga dipanggil dengan bang Arham Kendari. Saya sering dibuat terpingkal-pingkal oleh status beliau yang kebetulan mampir di timeline facebook. Langsung saja saya stalking ke akun facebook bang Arham ini, dan mendapati status-status yang membuat saya tersenyum sendiri. Saya scroll terus ke bawah dan malah menemukan bang Arham men-share sebuah aplikasi berjudul Mesin Pencari Sunnah. Wah pas sekali, saya perlu 4 aplikasi lagi untuk di-review sebagai tugas game 12 dari Institut Ibu Professional (IIP).



Saya buka playstore lalu mencari aplikasi Mesin Pencari Sunnah dan menemukannya, setelah membaca fitur-fiturnya sayapun segera meng-install-nya. Ternyata banyak fitur yang dimiliki oleh aplikasi ini, fitur utamanya antara lain: mesin pencari, info kajian sunnah, waktu sholat, amalan harian, dan kalender hijriyah. Lalu fitur muamalah antara lain: ruang obat, produk toko sunnah, pulsa, kuota & listrik, tabungan hari akhir, daftar pesananku, kuis berhadiah, dan berbagi catatan kajian. Fitur streaming antara lain: radio sunnah, TV sunnah, audio kajian, video kajian, dan murottal Qur'an. Fitur maktabah antara lain: baca artikel, kitab ulama, kitab hadits, komik muslim, dan hisnul muslim. Fitur direktori sunnah antara lain: masjid terdekat, venue kajian, sekolah/pesantren, dan lowongan kerja. Fitur bahasa Arab antara lain: bahasa > Arabic, Arabic > bahasa, keyboard Arabic, istilah sehari-hari, dan belajar bahasa Arab. Fitur dzikir antara lain: dzikir pagi,  dzikir petang, dan dzikir setelah shalat. Fitur konsultasi syariah antara lain: tanya jawab dan kirim pertanyaan. Fitur hitung antara lain: hitung zakat mal, hitung zakat fitrah, dan hitung waris. Terakhir adalah fitur bantuan antara lain: donasi (hapus iklan), beri rating, dan tentang aplikasi.


Waah lengkap sekali ya aplikasi ini, benar-benar mendukung kita untuk semakin mengamalkan Islam dalam keseharian kita. Memang Islam adalah agama yang syumul atau lengkap mencangkup setiap sendi kehidupan. Mulai dari bangun tidur hingga kita tidur lagi, mulai dari urusan kamar mandi, ranjang, makanan, minuman, hingga muamalah, dan pemerintahan. Apabila semua umat muslim menerapkan Islam di setiap sendi kehidupannya, maka impian Islam menjadi rahmatan lil 'aalamiin akan segera terwujud, insyaAllah.



#Tantangan10Hari #Level12 #KuliahBunsayIIP #KeluargaMultimedia
#Onedayonepost #ODOPbatch5

10 komentar: