Minggu, 01 April 2018

Why I Choose Reading Challenge ODOP (RCO)?



Alhamdulillah tantangan awal di ODOP yakni membuat satu postingan setiap hari sudah terlewati. Saat ini waktunya kami para peserta BATCH 5 yang lulus tahap awal untuk melanjutkan ke jenjang berikutnya. Ada empat pilihan yang bisa kami pilih, pertama kelas Fiksi, kedua kelas Non Fiksi, ketiga kelas Fiksi dan RCO, serta pilihan keempat adalah kelas Non Fiksi dan RCO. Kelas Reading Challenge ODOP (RCO) menjadi kelas ekstra yang boleh diambil atau tidak oleh para peserta ODOP. Tujuan dari kelas ini adalah memberikan tantangan kepada para peserta untuk membaca minimal sekian halaman buku tiap harinya dengan beberapa level yang akan terus meningkat. Selain itu juga ada tantangan menulis satu tulisan tiap periode tantangan.

Saya sendiri memilih kelas Fiksi dan RCO di tahap ini. Kenapa mengambil kelas RCO? Apa tidak makin membebani? karena di kelas Fiksi tentunya sudah ada tugas-tugas yang harus dikerjakan. Kalau menurut saya justru saya membutuhkan kelas RCO ini, karena pada dasarnya saya malas membaca buku. Untuk menambah skill menulis, saya perlu banyak membaca agar pembendaharaan kata saya semakin kaya. Selain itu saya perlu mempelajari bagaimana menulis yang baik dari berbagai macam buku yang ditulis oleh berbagai penulis dengan gaya khas mereka masing-masing. Dengan banyak membaca, tentunya cakrawala saya semakin terbuka, dan saya memerlukan sedikit paksaan agar mampu melaksanakannya dengan konsisten.

Masalah terbebani atau tidak, saya sendiri masih belum terbayang akan sesulit apa ke depannya. Namun harapan saya, saya mampu melewati tantangan demi tantangan di kedua kelas ini dengan baik sehingga bisa lulus baik di kelas Fiksi maupun di kelas RCO. Untuk saat ini saya merasa excited dan bersemangat menjalani keduanya, karena mungkin masih awalan. Namun semoga semangat ini tidak hanya di awalan saja, namun akan terjaga hingga akhir nanti. Salah satu bahan bakar yang terus saya jaga adalah, mimpi kecil saya untuk menjadi seorang penulis. Semoga dengan usaha yang konsisten, mimpi kecil saya bisa terwujud suatu saat nanti. Mungkin tidak dalam waktu dekat, namun dua atau tiga tahun lagi, semoga salah satu tulisan saya telah terbit dan mampu menyumbang sebuah khasanah baru di dunia sastra negeri ini, insyaAllah.

#TantanganTingkat1
#RCO'3
#ODOP

18 komentar:

  1. Semangat mbak, semoga cita cita sebagai penulis terkabul, aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap Pak, aamiin.. Terima kasih atas doanya.. Doa baik kembali pada yang mendoakan insyaallah ^_^

      Hapus
  2. Aamiin, semangat berliterasi πŸ™Œ

    BalasHapus
  3. Aamiin... πŸ˜‡πŸ˜‡πŸ˜‡ tetep semangat mbak..πŸ˜ƒ

    BalasHapus
  4. Aamiin Allahuma Aamiin~ ><
    Semangat~ :D

    BalasHapus
  5. Aamiin... semoga aku ikut ketularan semangatnya πŸ˜†

    BalasHapus
  6. Semangat2..... RCO asyik ya m bak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah asyik..tanpa paksaan saya sulit memulai kebiasaan membaca lagi..padahal ada berjuta manfaat dari buku2 yang saya baca. Trimakasih RCO 😊, eh mas Faisal juga sbg admin RCO 😁

      Hapus
  7. Insyaallah Mbak. Bisa kok, bisa jadi penulis. Dalam waktu dekat juga bisa insyaallah. Modal nekat aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin..insyaallah mbak Hiday, makasih sudah mampir ke gubug sayaπŸ€—

      Hapus