Jumat, 13 April 2018

Mampir di Blog Kecenya Mbak Nia


Saya adalah seseorang yang sangat newbie dalam dunia kepenulisan. Segala ilmu dan atribut di kelas literasi pun menjadi hal baru dalam memori saya. Salah satu ilmu baru yang saya dapat ketika bergabung di ODOP adalah bahwa sangat penting  mendokumentasikan karya kita dalam sebuah blog. Saya yang lebih dulu mengenal sosial media seringkali menuangkan uneg-uneg dalam status. Tanpa saya sadari status-status saya semakin menumpuk sehingga catatan-catatan yang berharga seringkali hilang dan sulit diakses lagi. Setelah mendapat materi pentingnya blog, sayapun mulai menggali tulisan-tulisan saya dalam status di sosmed. Dan tak disangka ada banyak tulisan bermakna yang layak untuk diabadikan dalam blog. Bagaikan mendapat harta karun, saya segera mengumpulkan tulisan demi tulisan untuk diposting dalam blog saya.

Di RCO tahap ini kebetulan saya mendapat tugas bonus mereview blog milik mbak Nia Indriani dengan alamat penakayyisajasmine.blogspot.co.id. Karena tidak banyak pengetahuan saya dalam dunia preblog-an maka review akan saya tulis dari kacamata saya sebagai aeorang newbie. Sebelumnya saya meminta maaf kepada mbak Nia jika dirasa review saya sangat dangkal dan belum menyentuh detail konten blog yang mungkin terlewat. Apalagi sejauh ini saya belum melakukan perbaikan di blog saya sehingga masih amburadul dan otomatis saya belum mengerti konten apa saja yang sebenarnya bisa dimaksimalkan untuk membuat blog semakin menarik.

Langsung saja, jika diamati blog mbak Nia terkesan simple dan mudah untuk dijelajahi isinya. Pengunjung akan mendapati tampilan sederhana dengan cuplikan tulisan yang bisa dibaca lebih lanjut dengan menekan link tulisan baca selengkapnya. Dengan fitur ini blog mbak Nia jadi lebih rapi dibanding blog pemula seperti saya yang masih menampilkan seluruh tulisan di setiap postingan. Di sebelah tulisan baca selengkapnya juga menampilkan jumlah komentar dalam postingan tersebut. Bagi penulis pemula, memang jumlah komentar menjadi penyemangat tersendiri untuk semakin rajin menulis. Bagi pengunjung blog mbak Nia, bisa memasukkan komentar di bawah postingan lengkap setelah di klik link tulisan baca selengkapnya.

Profil penulis diletakkan di icon garis tiga di menu utama. Jika ingin mengetahui profil lengkap mbak Nia kita bisa mengklik link tulisan kunjungi profil. Di atas link ini juga ada tombol mengikuti bagi pengunjung yang ingin mendapatkan update tulisan terbaru dari mbak Nia. Lalu di bawah link tulisan kunjungi profil juga ada link tulisan arsip yang apabila di klik akan menampilkan statistik jumlah tulisan mbak Nia dari waktu ke waktu. Dan yang terdapat di bagian paling bawah dalam side bar ini adalah laporkan penyalahgunaan. Saya kurang paham fungsinya, apa mungkin apabila terdapat tulisan yang kurang berkenan dalam blog mbak Nia maka akan bisa dilaporkan pengunjung blog melalui link tulisan ini. Saya jadi khawatir mencoba mengklik link tulisan ini karena so far tulisan mbak Nia bagus-bagus dan layak untuk dinikmati.

Demikian sekilas ulasan saya untuk blog penakayyisajasmine.blogspot.co.id. Ohya dari segi tampilan warna, saya suka hijau tosca dan biru laut yang menjadi latar blog ini. Jika waktu teman-teman sedang luang bisa disempatkan mampir di blog mbak Nia. Saya suka tulisan beliau, salah satunya cerbung berjudul Semerbak Jasmine. Cerita yang berlatarkan tentang poligami ini memiliki 14 part dengan akhir yang happy ending. Sangat seru untuk disimak :). Cerita lain kiranya juga menarik dan bisa menjadi referensi tulisan fiksi bagi pembaca. Nice blog mbak Nia ^_^ Semangat!

#TantanganBonus
#RCO'3
#ODOP

5 komentar:

  1. Wah...makasih banyak sudah berkunjung ke rumahku dan mereviewnya. Sebenarnya aku juga baru ngeblog pas ikut ODOP.jadi jangan heran kalau tampilannya sederhana belum tersentuh konten2 yang menarik dan belum mengerti tentang perkontenan ini. Aku hanya menulis kemudian mempostkannya. Itu juga karena tuntutan tugas hehe. Makasih Mba Leska tulisan reviewnya bagus. Moga tulisan2ku bermanfaat buat pengunjung, walau masih belajar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah lumayan itu mbak utk tataran pemula..punyaku malah berantakan😂
      Semangaat^_^

      Hapus
  2. Blog saya juga belum teratur 😁

    BalasHapus