Minggu, 18 Maret 2018

Testimoni Grup Merkurius Maju Terus



Pada akhirnya sebuah pertemuan akan berujung perpisahan. Itulah yang saya rasakan di grup Merkurius ODOP Batch 5. Sekitar dua bulan kami bersama di grup Merkurius, kami ngobrol untuk sharing, bercanda, maupun saling menyemangati agar bisa lulus bersama. Memang tak banyak dari kami yang tersisa, hanya sepuluh orang dari 27 peserta saat grup ini mulai dibentuk. Namun semoga yang sepuluh ini adalah bibit unggulan yang kelak akan menorehkan prestasi di bidang kepenulisan.

Saya akan sedikit bercerita tentang kawan-kawan saya di grup Merkurius, ada pak Puh Agus yang selalu bersemangat dan memotivasi anggota grup. Mbak Nurul yang suka bikin rame dan pandai menyanyi, Iya md yang suka muncul dengan emoticon nasi dan es krim. Ada mbak Fitri yang ternyata jebolan Forum Lingkar\ Pena (FLP) dan tulisannya oke. Mas Ofi yang ternyata suka ikut lomba blog dan tulisannya sering dimuat di website Kompasiana. Mas Ivan yang juga anggota FLP dan suka berpuisi. Mbak Aisyah yang sharing-nya kece. Trus ada mbak Floren yang kalo kasih kritik saran waktu bedah tulisan selalu paling detail. Mbak Umi yang sesekali muncul saat deadline, dan tentu saja saya.

Di grup kami ada para penanggung jawab (pije) yang selalu mengingatkan akan tugas kami dan tidak segan membagikan ilmu-ilmunya. Ada mbak Renee yang suka nimbrung dan ikut bercanda dengan kami, karena sering berinteraksi maka dialah yang paling akrab dan bisa berbaur dengan anggota grup. Lalu mas Yoga yang keren sekali tulisannya, dia ahli di bidang fiksi. Ada mbak Hanum yang muncul sesekali, juga mas Heru yang blognya banyak diisi dengan cerita pewayangan. Lalu ada juga mak Anis yang jago nge-blog dan pak ketua MS Wijaya yang sesekali ikut nimbrung.

Banyak sekali ilmu yang kami dapatkan selama berinteraksi di grup. Terutama saat momen bedah tulisan, kami jadi lebih memahami hal-hal teknis terkait PUEBI, prolog, sudut pandang bercerita, dan ilmu-ilmu dasar dalam menulis. Saya yang masih pemula merasa sangat terbantu dengan adanya bedah tulisan ini. Dan karena momen bedah tulisan jualah saya merasa sedih jika pada akhirnya grup Merkurius akan dibubarkan.

Namun bagaimanapun juga roda kehidupan akan terus berputar. Sudah saatnya kami melangkah lebih jauh lagi setelah lulus di level pertama ODOP ini. Nantinya kami akan memilih apakah akan masuk di kelas fiksi atau non fiksi dan lebih mendalaminya. Selain kedua kelas ini juga ada kelas RCO yang melatih kita untuk rutin membaca, karena membaca dan menulis sejatinya tidak bisa dipisahkan. Harapan saya setelah melewati setiap tahap di ODOP ini, saya dan kawan-kawan akan semakin berkembang dan meraih prestasi demi prestasi di dunia kepenulisan, insyaAllah.

#Onedayonepost #ODOPbatch5

6 komentar: