Jumat, 02 Maret 2018

Baby Hanna Mau ke Jogja


Hanna memasuki usianya yang ke empat bulan. Meskipun masih bayi, dia sudah pernah ke Batu saat family gathering PENS, ke Pasuruan ikut mengantar kakaknya studytour, ke Sidoarjo silaturrahim dengan eyang buyutnya, ke Kediri ketika eyang uyutnya dari bapak saya meninggal, ke Nganjuk sekalian mampir setelah dari Kediri, dan besok insyaallah kita mau ke Jogja dalam rangka kopi darat (kopdar) akbar komunitas ODOP. Alhamdulillah ketika diajak bepergian Hanna tidak pernah sakit. Dan semoga besok ke Jogja pun Hanna selalu sehat.

Tipsnya apa biar anak nggak gampang sakit, terutama saat bepergian? Saat bepergian tubuh rawan sakit karena kelelahan. Tubuh yang lelah menjadikan daya tahan tubuh menurun. Untuk mencegahnya kita harus dalam kondisi prima saat bepergian dan menambah asupan yang mampu memperkuat daya tahan tubuh kita, seperti madu, habatussauda, serta multivitamin, dan mineral. Seusia Hanna masih full ASI, dan sebagaimana kita tahu ASI mengandung antibodi yang dibutuhkan oleh bayi. Jadi kita tinggal memastikan bahwa bayi kita tidak kekurangan minum ASI selama perjalanan.

Lalu kita juga harus memastikan bayi cukup beristirahat. Bagaimanapun juga perjalanan jauh itu melelahkan. Usahakan bayi nyaman dalam gendongan kita dan bisa beristirahat dengan tenang. Untuk meminimalisir capek kita bisa menggunakan gendongan, car seat, dan gantian sama suami jika kita juga sudah lelah, hehe.

Yang tidak kalah penting orang tuanya jangan sampai drop ya. Cukup makan dan minum selama perjalanan sangat penting untuk menjaga kondisi tubuh. Boleh juga menambah asupan yang akan memperkuat daya tahan tubuh sebagaimana yang sudah saya sebutkan sebelumnya. Minum minuman bervitamin yang rasanya asam boleh sesekali, namun jangan kebanyakan karena bisa memicu naiknya asam lambung (pengalaman).

Jika menggunakan kendaraan umum pastikan keamanannya. Kalau mau beristirahat boleh gantian dengan suami. Bawa bantal atau boneka untuk mengganjal tangan saat kita menggendong anak dalam waktu lama. Posisi boleh dirubah-rubah mana yang paling nyaman.

Terakhir jangan lupa berdoa meminta perlindungan dan kesehatan dari Allah selama perjalanan. Semoga perjalanan besok lancar, selamat sampai tujuan. Tidak hanya Hanna, namun saya, suami, dan Hafidza senantiasa sehat selama liburan di Jogja. Happy holiday ^_^

#Onedayonepost #ODOPbatch5

2 komentar: