Selasa, 07 Januari 2020

Temukan Cara Belajarmu

Tak terasa saya sudah memasuki pekan ketiga di kelas bunda Cekatan IIP ini. Alhamdulillah pekan lalu saya menemukan point-point ketrampilan yang saya perlukan agar saya selalu bahagia dalam menjalankan peran sebagai seorang ibu, istri, sekaligus perempuan. Di antara ketrampilan yang saya perlukan, ada lima ketrampilan yang saya pilih sebagai ketrampilan yang penting dan mendesak atau telur merah.

Telur merah saya atau ketrampilan yang penting dan mendesak :
- Bahasa Jepang
- Memasak
- Mencari rute di Jepang/memahami peta wilayah agar tidak tersesat selama bepergian di sana
- Safety trip untuk anak-anak
- Homeschooling

Tujuan belajar saya:

1. Bahasa Jepang
Agar saat saya tinggal di Jepang, saya tidak kesulitan dalam berkomunikasi dengan orang-orang Jepang. Apalagi suami saya akan sibuk dengan studynya, maka saya harus bisa mandiri.

2. Memasak
Selama di Jepang saya wajib memasak setiap hari karena sangat jarang ada resto atau warung yang menjual makanan halal disana. Oleh karenanya saya harus belajar memasak menu sehat yang disukai keluarga untuk sehari-hari.

3. Mencari rute di Jepang/memahami peta wilayah agar tidak tersesat selama disana
Selama tinggal di Jepang, saya akan memanfaatkan waktu untuk mengunjungi tempat-tempat menarik disana. Oleh karenanya saya harus belajar serta memahami rute dan peta wilayah Jepang agar tidak mudah tersesat.

4. Safety trip untuk anak-anak
Karena saya ingin mengunjungi berbagai tempat di Jepang, saya harus belajar tentang safety trip untuk anak-anak baik saat menggunakan kendaraan umum atau kendaraan pribadi.

5. Homeschooling
Saya akan menerapkan homeschooling jika memungkinkan selama kami tinggal di Jepang. Karena itu saya harus banyak belajar tentang homeschooling dan ilmu-ilmu yang diperlukan dalam penerapannya.

Ilmu yang saya perlukan:

1. Bahasa Jepang
- Memahami huruf hiragana dan katakana
- Memahami arti berbagai kata dalam bahasa Jepang

2. Memasak
- Membuat menu sehat dan bervariasi untuk keluarga
- Membuat bento untuk bekal anak sekolah

3. Mencari rute di Jepang
- Memanfaatkan aplikasi pencari rute dan penerjemah bahasa jepang

4. Safety trip
- Memahami peraturan berkendara di Jepang beserta safety tools nya

5. Homeschooling
- Menyusun kurikulum homeschooling
- Manajemen waktu
- Disiplin

Sumber ilmu:

- Google
- Youtube
- Buku parenting, home based education, belajar bahasa Jepang, dll
- Kelas kursus bahasa Jepang
- Aplikasi penerjemah, game belajar bahasa Jepang, aplikasi petunjuk arah, maps, dll

Cara belajar:

Saya masih belum memulai mencari cara belajar yang gue banget untuk saat ini. Selama sekolah saya masih mengandalkan buku karena pada saat itu saya belum bisa mengakses internet dengan baik. Saat ini google dan youtube bisa saya akses kapan saja, maka saya akan memanfaatkannya sebagai salah satu sarana saya untuk belajar.

Dari semua ilmu yang saya butuhkan di atas, saya perlu untuk memilih minimal 1 dan maksimal 5 yang akan saya fokuskan selama 6 bulan ke depan. Maka dari itu, Ilmu yang ingin saya kuasai selama di kelas Bunda Cekatan adalah :
1. Bahasa Jepang
2. Memasak
3. Homeschooling
4. Manajemen waktu

#janganlupabahagia
#jurnalminggu3
#materi3
#kelastelur
#bundacekatan
#buncekbatch1
#buncekIIP
#institutibuprofesional

Tidak ada komentar:

Posting Komentar